Jika Kulit Berjerawat, Hindari 7 Makanan Ini yang Jadi Pemicu Tertinggi Munculnya Jerawat di Kulit

Hati-hati dengan beberapa makanan yang mungkin dapat menimbulkan jerawat di kulit, terutama pada wajah.

Coklat, salah satu makanan pemicu tertinggi jerawat muncul
Coklat, salah satu makanan pemicu tertinggi jerawat muncul (ilustrasi: pixabay)

GREGET.co.id – Bagi sebagian orang, jerawat adalah hal yang paling susah untuk dihilangkan, terutama pada bagian wajah. Tak jarang orang sering mendapati wajahnya tiba-tiba muncul jerawat, padahal sudah merawatnya sedemikian rupa.

Jerawat sendiri merupakan kondisi kulit umum yang mempengaruhi hampir 10% populasi dunia. Banyak faktor yang berkontribusi pada perkembangan jerawat, termasuk produksi sebum dan keratin, bakteri penyebab jerawat, hormon, pori-pori yang tersumbat, dan peradangan.

Hubungan antara diet dan jerawat telah menjadi kontroversi, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet dapat memainkan peran penting dalam perkembangan jerawat. Artikel ini akan mengulas 7 makanan yang dapat menyebabkan jerawat dan membahas mengapa kualitas makanan Anda begitu penting.

Dilansir tim Greget.co.id dari Healthline, berikut adalah 7 makanan yang mungkin dapat menyebabkan kulit Anda muncul jerawat. Sebisa mungkin untuk mengurangi konsumsi makanan ini, bahkan kalau bisa hindari mengkonsumsinya.

Baca juga: Jerawat Mengganggu Penampilan? Ini 4 Cara Alami Hilangkan Jerawat Secepat Mungkin

Baca juga: Hati-hati! Ini 9 Gejala Diabetes Tipe 2, Salah Satu Gejalanya Adalah Kekurangan Tenaga

Baca juga: Pentingnya Makan Serat, Ini 22 Makanan Tinggi Serat yang Bisa Anda Makan Setiap Hari

1. Biji-bijian dan Gula Halus

Orang yang berjerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak karbohidrat olahan daripada orang dengan sedikit atau tanpa jerawat.

Makanan yang kaya karbohidrat olahan meliputi:

  • Roti, kerupuk, sereal atau makanan penutup yang dibuat dengan tepung putih
  • Pasta dibuat dengan tepung terigu
  • Nasi putih dan bihun
  • Soda dan minuman manis lainnya
  • Pemanis seperti gula tebu, sirup maple, madu atau agave

Satu studi menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi gula tambahan memiliki risiko 30% lebih besar terkena jerawat, sedangkan mereka yang rutin makan kue dan kue memiliki risiko 20% lebih besar. Peningkatan risiko ini dapat dijelaskan oleh efek karbohidrat olahan pada gula darah dan kadar insulin.

Karbohidrat olahan diserap dengan cepat ke dalam aliran darah, yang dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Saat gula darah naik, kadar insulin juga meningkat untuk membantu mengantarkan gula darah keluar dari aliran darah dan masuk ke sel Anda. Namun, kadar insulin yang tinggi tidak baik untuk mereka yang berjerawat.

Insulin membuat hormon androgen lebih aktif dan meningkatkan faktor pertumbuhan seperti insulin 1 (IGF-1). Ini berkontribusi pada perkembangan jerawat dengan membuat sel-sel kulit tumbuh lebih cepat dan dengan meningkatkan produksi sebum.

Di sisi lain, diet rendah glikemik, yang tidak secara dramatis meningkatkan kadar gula darah atau insulin, dikaitkan dengan penurunan keparahan jerawat. Meskipun penelitian tentang topik ini cukup menjanjikan, masih diperlukan lebih banyak lagi untuk memahami lebih lanjut bagaimana karbohidrat olahan berkontribusi pada jerawat.

2. Produk Susu

Banyak penelitian menemukan hubungan antara produk susu dan tingkat keparahan jerawat pada remaja. Dua penelitian juga menemukan bahwa orang dewasa muda yang rutin mengonsumsi susu atau es krim empat kali lebih mungkin menderita acn.

Namun, penelitian yang dilakukan sejauh ini belum berkualitas tinggi. Penelitian sampai saat ini berfokus terutama pada remaja dan dewasa muda dan hanya menunjukkan korelasi antara susu dan jerawat, bukan hubungan sebab dan akibat.

Belum jelas bagaimana susu dapat berkontribusi pada pembentukan jerawat, tetapi ada beberapa teori yang diajukan. Susu diketahui dapat meningkatkan kadar insulin, terlepas dari pengaruhnya terhadap gula darah, yang dapat memperburuk keparahan jerawat.

Susu sapi juga mengandung asam amino yang merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak IGF-1, yang telah dikaitkan dengan perkembangan jerawat. Meskipun ada spekulasi tentang mengapa minum susu dapat memperburuk jerawat, tidak jelas apakah produk susu berperan langsung. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah ada jumlah atau jenis produk susu tertentu yang dapat memperburuk jerawat.

3. Makanan Cepat Saji

Jerawat sangat terkait dengan pola makan gaya Barat yang kaya kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Makanan cepat saji, seperti burger, nugget, hot dog, kentang goreng, soda, dan milkshake, adalah makanan andalan khas Barat dan dapat meningkatkan risiko jerawat.

Satu penelitian terhadap lebih dari 5.000 remaja dan dewasa muda Tiongkok menemukan bahwa diet tinggi lemak dikaitkan dengan peningkatan risiko 43% mengembangkan jerawat. Makan makanan cepat saji secara teratur meningkatkan risiko sebesar 17%. Sebuah studi terpisah terhadap 2.300 pria Turki menemukan bahwa sering makan burger atau sosis dikaitkan dengan peningkatan risiko munculnya jerawat sebesar 24%.

Tidak jelas mengapa makan makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat, tetapi beberapa peneliti mengusulkan bahwa hal itu dapat memengaruhi ekspresi gen dan mengubah kadar hormon dengan cara yang mendorong perkembangan jerawat.

Namun, penting untuk dicatat bahwa sebagian besar penelitian tentang makanan cepat saji dan jerawat menggunakan data yang dilaporkan sendiri. Jenis penelitian ini hanya menunjukkan pola kebiasaan makan dan resiko timbulnya jerawat serta tidak membuktikan bahwa makanan cepat saji menyebabkan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, dibutuhkan lebih banyak penelitian.

Baca juga: Cegah Asam Urat, Berikut Makanan yang harus Dihindari dan Dikonsumsi saat Jalani Diet Rendah Purin

Baca juga: Kenali Gejala, Cara Pengobatan, hingga Makanan yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes Tipe 2

Baca juga: Inilah 18 Makanan yang Harus Kamu Ketahui untuk Membantu Meredakan Stres

4. Makanan Kaya Lemak Omega-6

Makanan yang mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah besar, seperti pola makan orang Barat, telah dikaitkan dengan peningkatan tingkat peradangan dan jerawat. Ini mungkin karena pola makan Barat mengandung jagung dan minyak kedelai dalam jumlah besar, yang kaya akan lemak omega-6, dan sedikit makanan yang mengandung lemak omega-3, seperti ikan dan kacang kenari.

Ketidakseimbangan asam lemak omega-6 dan omega-3 ini mendorong tubuh ke dalam keadaan peradangan, yang dapat memperburuk keparahan jerawat. Sebaliknya, melengkapi dengan asam lemak omega-3 dapat mengurangi tingkat peradangan dan telah terbukti mengurangi keparahan jerawat.

Sementara hubungan antara asam lemak omega-6 dan jerawat cukup menjanjikan, belum ada penelitian terkontrol secara acak tentang topik ini, dan diperlukan lebih banyak penelitian.

5. Cokelat

Cokelat telah dicurigai sebagai pemicu jerawat sejak tahun 1920-an, tetapi sejauh ini belum ada kesepakatan yang dicapai. Beberapa survei informal telah mengaitkan makan cokelat dengan peningkatan risiko timbulnya jerawat, tetapi ini tidak cukup untuk membuktikan bahwa cokelat menyebabkan jerawat.

Sebuah studi yang lebih baru menemukan bahwa pria yang rentan berjerawat yang mengonsumsi 25 gram cokelat hitam 99% setiap hari mengalami peningkatan jumlah lesi jerawat hanya dalam dua minggu. Studi lain menemukan bahwa laki-laki yang diberi kapsul bubuk kakao 100% setiap hari memiliki lebih banyak lesi jerawat secara signifikan setelah satu minggu dibandingkan dengan mereka yang diberi plasebo.

Sebenarnya mengapa coklat dapat meningkatkan jerawat masih belum jelas, meskipun satu penelitian menemukan bahwa makan coklat meningkatkan reaktivitas sistem kekebalan terhadap bakteri penyebab jerawat, yang dapat membantu menjelaskan temuan ini. Meskipun penelitian terbaru mendukung hubungan antara konsumsi cokelat dan jerawat, masih belum jelas apakah cokelat benar-benar menyebabkan jerawat.

6. Bubuk Protein Whey

Protein whey adalah suplemen makanan yang populer. Ini adalah sumber yang kaya asam amino leusin dan glutamin. Asam amino ini membuat sel kulit tumbuh dan membelah lebih cepat, yang dapat berkontribusi pada pembentukan jerawat.

Asam amino dalam protein whey juga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi insulin yang lebih tinggi, yang telah dikaitkan dengan perkembangan jerawat. Beberapa studi kasus telah melaporkan hubungan antara konsumsi protein whey dan jerawat pada atlet pria.

Studi lain menemukan korelasi langsung antara tingkat keparahan jerawat dan jumlah hari mengonsumsi suplemen protein whey. Studi ini mendukung hubungan antara protein whey dan jerawat, tetapi lebih banyak penelitian diperlukan untuk menentukan apakah protein whey menyebabkan jerawat.

7. Makanan yang Buat Anda Sensitif (Alergi)

Telah diusulkan bahwa jerawat, pada akarnya, merupakan penyakit inflamasi. Hal ini didukung oleh fakta bahwa obat antiinflamasi, seperti kortikosteroid, adalah pengobatan yang efektif untuk jerawat yang parah dan bahwa orang dengan jerawat mengalami peningkatan kadar molekul inflamasi dalam darahnya.

Salah satu cara makanan dapat menyebabkan peradangan adalah melalui kepekaan terhadap makanan, yang juga dikenal sebagai reaksi hipersensitivitas tertunda. Kepekaan terhadap makanan terjadi ketika sistem kekebalan Anda secara keliru mengidentifikasi makanan sebagai ancaman dan meluncurkan serangan kekebalan terhadapnya.

Ini menghasilkan molekul pro-inflamasi tingkat tinggi yang beredar ke seluruh tubuh, yang dapat memperburuk jerawat. Karena ada banyak makanan yang dapat bereaksi terhadap sistem kekebalan Anda, cara terbaik untuk mengetahui pemicu unik Anda adalah dengan melakukan diet eliminasi di bawah pengawasan ahli diet atau ahli gizi terdaftar.

Diet eliminasi bekerja dengan membatasi sementara jumlah makanan dalam diet Anda untuk menghilangkan pemicu dan meredakan gejala, kemudian secara sistematis menambahkan kembali makanan sambil melacak gejala dan mencari polanya.

Pengujian sensitivitas makanan, seperti Mediator Release Testing (MRT), dapat membantu menentukan makanan mana yang menyebabkan peradangan terkait kekebalan dan memberikan titik awal yang lebih jelas untuk diet eliminasi Anda.

Meskipun tampaknya ada hubungan antara peradangan dan jerawat, tidak ada penelitian yang secara langsung menyelidiki peran spesifik dari kepekaan terhadap makanan dalam perkembangannya.

Ini tetap menjadi bidang penelitian yang menjanjikan untuk membantu lebih memahami bagaimana makanan, sistem kekebalan dan peradangan mempengaruhi perkembangan jerawat.

Apa yang Harus Dimakan

Meskipun makanan yang dibahas di atas dapat menyebabkan timbulnya jerawat, ada makanan dan nutrisi lain yang dapat membantu menjaga kulit tetap bersih. Ini termasuk:

  • Asam lemak omega-3: Omega-3 bersifat anti-inflamasi, dan konsumsi rutin telah dikaitkan dengan penurunan risiko munculnya jerawat.
  • Probiotik: Probiotik mempromosikan usus yang sehat dan mikrobioma seimbang, yang terkait dengan pengurangan peradangan dan risiko perkembangan jerawat yang lebih rendah.
  • Teh hijau: Teh hijau mengandung polifenol yang berhubungan dengan pengurangan peradangan dan produksi sebum. Ekstrak teh hijau telah terbukti mengurangi keparahan jerawat saat dioleskan pada kulit.
  • Kunyit: Kunyit mengandung polifenol kurkumin anti inflamasi, yang dapat membantu mengatur gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, yang dapat mengurangi jerawat.
  • Vitamin A, D, E dan seng: Nutrisi ini memainkan peran penting dalam kesehatan kulit dan kekebalan dan dapat membantu mencegah jerawat.
  • Diet gaya paleolitik: diet paleo kaya akan daging tanpa lemak, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan dan rendah biji-bijian, produk susu dan kacang-kacangan. Mereka telah dikaitkan dengan kadar gula darah dan insulin yang lebih rendah.
  • Pola makan ala Mediterania: Diet mediterania kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun, serta rendah susu dan lemak jenuh. Ini juga telah dikaitkan dengan pengurangan keparahan jerawat.

Meskipun penelitian telah mengaitkan makanan tertentu dengan peningkatan risiko timbulnya jerawat, penting untuk mengingat gambaran yang lebih besar. Pola diet keseluruhan cenderung memiliki dampak yang lebih besar pada kesehatan kulit daripada makan – atau tidak makan – satu makanan tertentu.

Mungkin tidak perlu sepenuhnya menghindari semua makanan yang telah dikaitkan dengan jerawat melainkan mengkonsumsinya secara seimbang dengan makanan padat nutrisi lainnya yang dibahas di atas.

Penelitian tentang diet dan jerawat tidak cukup kuat untuk membuat rekomendasi diet khusus saat ini, tetapi penelitian di masa depan menjanjikan.

Sementara itu, membuat catatan makanan untuk mencari pola antara makanan yang Anda makan dan kesehatan kulit Anda mungkin bermanfaat. Anda juga dapat bekerja dengan ahli diet terdaftar untuk mendapatkan saran yang lebih personal.

Written by Yora

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0